Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,
Pentingnya Manajemen dalam Scale Up Bisnis
Seberapa banyak bisnis yang menganggap manajemen dalam bisnis itu penting? Seberapa banyak manajer yang mengerti pentingnya manajemen? Seberapa banyak bisnis dan para manajernya yang sadar akan penerapan manajemen dalam bisnis itu penting? 3 pertanyaan tersebut membuka tulisan artikel ini, untuk sedikit membuka pola pikir kita dan sebagai pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada kita pemilik bisnis dan atau manajer dari sebuah bisnis.
Jika jawaban anda adalah tidak banyak yang mengganggap penting dan sadar akan penerapan manajemen itu penting maka kita harusnya tidak menjadi bagian dari mereka. Dari artikel ini diharapkan kita bisa mengetahui dan memahami pentingnya manajemen dari bisnis dan penerapan manajemen oleh para manajer dari sebuah bisnis dan tentunya akhirnya mau menerapkan manajemen ke dalam kegiatan bisnisnya dengan baik. Apalagi bisnis yang ingin melakukan scale up penerapan manajemen sangat penting.
Manajemen bisnis adalah pengelolaan organisasi dengan kombinasi mindset, behaviour, pengetahuan dan keahlian (Ido Wiba, 2019).
Fungsi dan Manfaat Manajemen
Beberapa fungsi dan manfaat manajemen adalah :
- Efektif dan Efisien : dengan manajemen, para jajaran manajemen dan tim InsyaAllah akan selalu melakukan sesuatu yang benar (efektif) dan melakukannya dengan benar (efisien) karena manajemen merupakan alat / tools yang bisa digunakan dalam perancangan kegiatan bisnis yang efektif dan efisien.
- Mempermudah dalam Pengambilan Keputusan : dengan manajemen, para jajaran manajemen dan tim akan mudah dalam mengambil keputusan karena penerapan manajemen mengharuskan data dari semua divisi mulai dari perencanaan sampai hasil dari implementasi serta evaluasi yang dilakukan akan tercatat dan digunakan sebagai bahan analisa dari berbagai perspektif untuk mempermudah pengambilan keputusan yang tepat dan atau saat akan membuat perencanaan.
- Mempunyai Keunggulan Kompetitif : dengan manajemen perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif karena pengorganisasian tim selalu disesuaikan dengan kompetensi dan talenta sehingga menimbulkan inisiatif untuk bisa beradaptasi dengan kondisi internal dan eksternal yang hal ini diperlukan pada saat penyusunan strategi bisnis untuk keunggulan kompetitif dari berbagai perspektif.
- Penilaian Menjadi Obyektif (tidak like or dislike) : dengan manajemen semua hal yang membutuhkan penilaian dalam perusahaan akan dinilai berdasarkan data dan fakta sehingga semua jajaran manajemen dan tim mengerti hasil dari penilaian tersebut bukan penilaian yang bersifat suka atau tidak suka (subyektif) tetapi merupakan penilaian dan atau keputusan yang dihasilkan berdasarkan obyektifitas. Penilaian yang obyektif akan berdampak baik bagi perusahaan dan menghasilkan lingkungan yang kondusif pada internal perusahaan.
- Mudah Mencapai Tujuan Perusahaan : dengan manajemen tujuan perusahaan InsyaAllah akan mudah dicapai karena adanya pengelolaan kegiatan bisnis dengan diterapkannya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
- Mudah Dikelola : dengan manajemen perusahaan akan mudah dikelola karena pendelegasian tugas dan tanggung jawab kepada tim disesuaikan dengan kompetensi dan talenta masing-masing sehingga akan terbangun sistem yang komprehensif dan terintegrasi antar setiap divisi dalam perusahaan.
- Mudah Melakukan Pengembangan (Scale Up Bisnis) : dengan manajemen InsyaAllah perusahaan akan mudah dalam melakukan pengembangan karena dalam penerapan manajemen akan dilakukan pembuatan standarisasi dari semua kegiatan dalam perusahaan sehingga mudah untuk dievaluasi dengan tujuan perbaikan serta pengembangan.

Dalam pendampingan bisnis pada program layanan Ziyadah Business Transform salah satu goals kita adalah penataan manajemen klien agar ke-7 fungsi dan manfaat tersebut bisa didapatkan oleh klien.
Orang yang menjalankan manajemen dinamakan manajer. Tugas para manajer adalah mengelola inti kegiatan perusahaan utk mencapai visi dan tujuan perusahaan yaitu menyelesaikan masalah yang menghambat dengan proses identifikasi dan analisa, serta menanggulangi risiko yang berpotensi menghambat dengan proses yang sama (identifikasi dan analisa). Masalah untuk diselesaikan (solving) dan risiko untuk ditanggulangi (mitigation). Manajemen itu bagaimana tentang “mengambil keputusan” dan sangat berkaitan erat dengan “leadership”.
Dengan mengetahui fungsi, manfaat dan tugas para jajaran manajemen diharapkan kesadaran akan pentingnya manajemen dan penerapan manajemen terbangun pada para manajer dan timnya.
Semoga mudah dipahami dan Allah Azza Wa Jalla memudahkan semua pengusaha muslim scale up bisnis, bertransform menjadi korporasi berstandar syar’i. Aamiiin
Semoga Bermanfaat
Penulis : Ido Wiba
Founder Ziyadah Consulting